PENGARUH KONSEP DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Putri, Dwi Ayu Sabrina (2016) PENGARUH KONSEP DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123142016 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123142016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123142016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123142016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123142016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123142016 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123142016 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123142016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123142016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123142016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123142016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017; (2) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017; dan (3) Pengaruh Konsep Diri dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 197 orang. Penentuan sampel ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sebelum angket diberikan pada sampel yang sebenarnya maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus regresi linier berganda, uji t parsial, uji F simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan SPSS versi 17 diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 1.501+0,590X1 + 0,387X2. Selanjutnya variabel konsep diri (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar akuntansi siswa dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05) dan disiplin belajar (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar akuntansi siswa dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Secara bersamasama konsep diri dan disiplin belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Persentase sumbangan pengaruh konsep diri dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa sebesar 93,1%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan konsep diri dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita19570923194032001
Call Number: SK-2016 AKT 131
Keywords: Pengaruh, Konsep Diri; Disiplin Belajar; Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 02:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20491

Actions (login required)

View Item View Item