PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA PRIMBANA MEDAN T.P 2016/2017

Purba, Yayun Damayani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA PRIMBANA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 7123342043 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342043 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342043 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Primbana Medan T.P 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Primbana Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Primbana Medan yang beralamat di Jalan Jenderal A.H Nasution No. 45 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Swasta Primbana Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 52 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 orang dan total sampel 50 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar akuntansi berbentuk objektif pilihan berganda sebanyak 20 soal. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pre-test) dan di akhir (post-test) penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05, maka hipotesis diterima. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 73 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,660 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol 60,8 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,621. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,80 dan ttabel = 1,684, sehingga thitung > ttabel (3,80 > 1,684) pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05, yang berarti hipotesis penelitian diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Primbana Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad196108151987031001
Call Number: SK-2016 AKT 126
Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 02:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20489

Actions (login required)

View Item View Item