PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E(LC5E) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

Halawa, Luki Kharismawati (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E(LC5E) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7121142012 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7121142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7121142012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7121142012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7121142012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7121142012 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7121142012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7121142012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 7121142012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7121142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa Kelas X Ak SMK Negeri 7 medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model konvensional siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jl. STM No. 12 E Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 195 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X Ak 3 sebagai kelas eksperimen dan X Ak 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 35 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar digunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, varians dan standar deviasi. Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, setelah itu melakukan pengujian hipotesis. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan pos test dengan model pembelajaran learning cycle 5e = 36,14 dan 73,71 dengan standar deviasi = 12,78 dan 11,14 dan nilai rata-rata pre test dan post test siswa yang menggunakan model konvensoinal = 42,86 dan 57,29 dengan standar deviasi = 12,14 dan 14,32. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh sebesar 5,33 sedangkan 1,669 pada taraf nyata = 0,05 yaitu 5,33 1,669. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa . Maka hipotesis penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model konvensional siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRamdhansyah, 197608272008011012
Call Number: SK-2017 AKT 147
Keywords: Model pembelajaran Learning Cycle 5E; Model konvensional; Hasil belajar.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Oct 2016 08:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20478

Actions (login required)

View Item View Item