PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X AP DI SMK SWASTA MUHAMMADIYAH 5 KISARAN T.P. 2015/2016

Lubis, Nur Cahaya (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X AP DI SMK SWASTA MUHAMMADIYAH 5 KISARAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7122141024_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7122141024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7122141024_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7122141024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7122141024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7122141024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7122141024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7122141024_BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 7122141024_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7122141024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SMK Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran T.P. 2015/2016 pada mata pelajaran kearsipan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X AP Di SMK Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran T.P. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP Di SMK Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran, yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 64 orang. Dan yang menjadi sampel adalah seluruh kelas X AP tersebut dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan berganda untuk soal pre tes dan post tes dengan jumlah 20 soal terdiri dari 4 pilihan jawaban. Salah satu pilihan merupakan kunci jawaban, sedangkan 3 pilihan lainnya sebagai pengecoh. Dimana pada soal tersebut 20 soal dinyatakan valid. Dari hasil anaisis data, di peroleh nilai rata-rata dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik pre tes = 39,68; SD = 9,99, Dan post tes = 81,71; SD = 8,29. Sedangkan dengan pembelajaran konvensional pre tes = 38,59 SD = 8,54, dan post test = 72,03; SD = 10,22. Untuk pengujian hipotesis digunakan rumus ANAVA satu arah, setelah dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sampel. Dari rata-rata hasil post tes kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh data Fhitung > Ftabel yaitu 4.56 > 3.98 bahwa Hipotesis diterima. Maka disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar kearsipan siswa kelas X AP SMK Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Ratna19551221198032002
Call Number: SK-2016 ADP 057
Keywords: Kearsipan; Hasil belajar; Model Pembelajaran Project Based Learning
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20454

Actions (login required)

View Item View Item