PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR KORESPONDENSI DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Indrawati,, (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR KORESPONDENSI DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7121141019 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7121141019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7121141019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7121141019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7121141019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7121141019 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7121141019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7121141019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7121141019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7121141019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7121141019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Korespondensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Ekspositori terhadap hasil belajar Korespondensi di SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 152 orang yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Dengan teknik tersebut maka terpilihlah kelas X AP-2 sebagai eksperimen I dan kelas X AP-4 sebagai eksperimen II, yang masing-masing kelas berjumlah 38 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing model pembelajaran menunjukkan bahwa kelas eksperimen I nilai rata-rata pre-test sebesar 58,684 dan post-test sebesar 81,579 dan standar deviasi sebesar 10,533. Sedangkan kelas eksperimen II nilai rata-rata pre-test sebesar 53,816 dan post-test sebesar 73,947 dan standar deviasi sebesar 11,16. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk= n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95% α=0,05. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,0674 dan ttabel sebesar 1,6657. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,0674 > 1,6657) maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Ekspositori terhadap hasil belajar Korespondensi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanullang, Rotua S.P197303202006042001
Call Number: SK-2016 ADP 060
Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning; Model Pembelajaran Ekspositori;Hasil Belajar
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2016 06:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20412

Actions (login required)

View Item View Item