PENGARUH PEMBELAJARAN REMEDIAL BERBANTUAN TUTOR SEBAYA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NURUL ISLAM INDONESIA BARU MEDAN T.P 2015/2016

Aisyah,, Nur (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN REMEDIAL BERBANTUAN TUTOR SEBAYA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NURUL ISLAM INDONESIA BARU MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7121141042 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7121141042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7121141042 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7121141042 PREVACE.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7121141042 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7121141042 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7121141042 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7121141042 APPENDICIES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7121141042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7121141042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7121141042 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh interaksi pembelajaran remedial berbantuan tutor sebaya dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru medan T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 52 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan X-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal dan angket sebanyak 25 pernyataan yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran remedial berbantuan tutor sebaya lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional yang ditunjjukkan dari hasil hipotesis dimana nilai Fhitung = 9,216 > Ftabel = 4,20 dengan nilai signifikan α=0,05. Kedua, hasil belajar siswa yang memiliki kebiasaan belajar tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki kebiasaan belajar rendah atau terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh dari dari hipotesis kedua Fhitung = 1650,320 > Ftabel = 4,20 dengan nilai signifikan α = 0,05. Ketiga, tidak terdapat pengaruh interaksi pembelajaran remedial berbantuan tutor sebaya dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar ekonomi yang diperoleh dari hipotesis ketiga Fhitung = 0.738 < Ftabel 4,20 dengan nilai signifikan α =0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini, diupayakan agar guru dalam pembelajaran ekonomi menerapkan pembelajaran remedial berbantuan tutor sebaya dan berupaya meningkatakan kebiasaan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMardhiyah, Ainul197804182008012019
Call Number: SK-2016 NIAGA 083
Keywords: Pengajaran Remedial; Metode Tutor Sebaya; Kebiasaan Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Oct 2016 08:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20381

Actions (login required)

View Item View Item