PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA PAB 6 HELVETIA T.P 2015/2016

Tanjung, Dwi Wulandari (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA PAB 6 HELVETIA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 7123141034 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 7123141034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 7123141034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 7123141034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 7123141034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 7123141034 TABLE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 7123141034 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 7123141034 APENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 7123141034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 7123141034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 7123141034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang lebih tinggi hasil belajar ekonomi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) yang dikolaborasikan dengan strategi pembelajaran learning start with a question dibanding hasil belajar ekonomi yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA PAB 6 Helvetia T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PAB 6 Helvetia yang beralamat di Jl. Pasar 4 Helvetia, Deli Serdang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 43 orang. Sehingga semua populasi dijadikan sampel. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 21 orang. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, varians dan standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas data dan pengujian hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas ekperimen, rata-rata pre-test sebesar 53,86, standar deviasi = 10,8 dan post-test sebesar 81,36, standar deviasi 9,9, sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata pre-test sebesar 50,23, standar deviasi = 12,6 dan post-test sebesar 64,76, standar deviasi = 10,9. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,226>1,7 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang lebih tinggi secara positif dan signifikan hasil belajar ekonomi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) yang dikolaborasikan dengan strategi pembelajaran learning start with a question dibanding hasil belajar ekonomi yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA PAB 6 Helvetia T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasir, Muhammad195510211982011001
Call Number: SK-2016 EKO 095
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Hasil Belajar; Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Oct 2016 07:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20325

Actions (login required)

View Item View Item