PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS XI SMA ISTIQLAL DELI TUA

Tarigan, Imaduddin (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS XI SMA ISTIQLAL DELI TUA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 8146121020 COVER.pdf]
Preview
Text
01 8146121020 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 02 Lembar Pengesahan+Persetujuan+plagiat.pdf]
Preview
Text
02 Lembar Pengesahan+Persetujuan+plagiat.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 03 8146121020 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03 8146121020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 04 8146121020 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04 8146121020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 05 8146121020 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05 8146121020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 06 8146121020 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
06 8146121020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 07 8146121020 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
07 8146121020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 08 8146121020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08 8146121020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 09 8146121020 BAB I.pdf]
Preview
Text
09 8146121020 BAB I.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 13 8146121020 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 8146121020 BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 14 8146121020 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 8146121020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar PAI siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran peta konsep dan hasil belajar PAI siswa
yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar PAI siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi dan hasil belajar PAI siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar PAI. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMA Istiqlal Deli Tua. Populasi Penelitian adalah (131 orang) dan sampelnya (69 orang) yaitu kelas XI-1 SMA istiqlal Deli Tua ditetapkan strategi pembelajaran peta konsep dan kelas XI-2 SMA
Istiqlal Deli Tua ditetapkan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling. Hipotesis penelitian diuji
dengan menggunakan Anava dua jalur desain faktorial 2x2 (Two Way Anava 2x2) dengan taraf signifikansi α = 0.05, yang sebelumnya dilakukan dulu uji persyaratan analisis data yaitu Uji Normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett dan uji Fisher. Uji lanjut dengan menggunakan uji Scheffe. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) hasil belajar PAI siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran peta konsep lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PAI siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori pada
taraf signifikansi α = 0.05. sebesar 67.33 dan untuk taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan sebesar 3.99 (2) hasil belajar siswa yang memiliki
kemampuan berpikir logis tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PAI.siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah pada taraf signifikansi α = 0.05. sebesar 34.59 dan untuk taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan sebesar 3.99 dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan
berpikir logis terhadap hasil belajar PAI siswa pada taraf signifikansi α = 0.05. sebesar 25.21 dan untuk taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan sebesar 3.99. Implementasinya adalah strategi pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa. Oleh karena itu guru PAI disarankan untuk menggunakan strategi pembelajaran peta konsep supaya memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.84 Tar p
Uncontrolled Keywords: Hakikat belajar; Hasil belajar; PAI; Strategi pembelajaran; Bepikir logis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education
L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Sep 2016 02:37
Last Modified: 30 Sep 2016 02:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20174

Actions (login required)

View Item
View Item