HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA KECAMATAN UJUNG PADANG T.A 2015/2016

Wahyuni, Sri (2016) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA KECAMATAN UJUNG PADANG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 3122131009 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 3122131009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 3122131009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 3122131009 LEMBAR KEASLIAN TULISAN blm.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 3122131009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 3122131009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 3122131009 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 3122131009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 3122131009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 3122131009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 3122131009 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. NIM. 3122131009 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran geografi di SMA Kecamatan Ujung Padang, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Kecamatan Ujung Padang, dan (3) Untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Kecamatan Ujung Padang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ujung Padang dan MAN Pematang Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA yang ada di Kecamatan Ujung Padang di kelas XI IPS sebanyak 153 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara Porposive simple yang terdiri dari 2 sekolah dengan siswa di kelas XI IPS sebanyak 64 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung dan observasi kemudian data penelitian dianalisis dengan cara analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kompetensi pedagogik guru geografi di SMA Kecamatan Ujung Padang tahun ajaran 2015/2016 melalui APKG I (Perencanaan Pembelajaran) dan APKG II (Pelaksanaan Pembelajaran) termasuk kategori sedang sesuai jawaban dari 23 siswa dengan persentase 51,57%. (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Kecamatan Ujung Padang Tahun Ajaran 2015/2016 termasuk ke dalam kategori kurang yakni 33 siswa dengan persentase 51,57%. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan kompetensi pedagogik dengan hasil belajar sebesar kontribusi 17,30% dan dalam penguji hipotesis diperoleh (thitung =3,63 dan ttabel =0,166) dengan taraf signifikan 95% atau alpha 0,05 maka thitung > ttabel (3,63 > 0,166). Sehingga Ha diterima yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Kecamatan Ujung padang Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitompul, Marlinang195511211980122001
Call Number: SK-2016 GEO 096
Keywords: Kompetensi Guru; Pedagogik; Wawasan Kependidikan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20168

Actions (login required)

View Item View Item