PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD NAMIRA MEDAN

Annisa, Nur (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD NAMIRA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa menengah dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi pelajaran Bahasa Inggris termasuk dalam kategori sangat layak (87,00%), (2) uji ahli desain pembelajaran dalam penilaian dengan kategori sangat layak (84,17%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kategori sangat layak (85,36%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat layak (88,04%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (95,65%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat layak (94,34%). Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media interaktif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung sebesar 5,15 sedangkan ttabel = 2,00 pada α=0,05 dengan dk 61. Hasil perhitungan dimana thitung > ttabel, yaitu 5,15>2,00. Efektifitas penggunaan media interaktif dalam pembelajaran Kimia adalah sebesar 79,84% dan dikategorikan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Thesis advisorMursid, R.196607111991031003
Call Number: 372.652 1 Ann p
Keywords: Pembelajaran bahasa inggris; Writing; Media pembelajaran; Macromedia flash; Multimedia ineraktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PE English
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Sep 2016 03:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20139

Actions (login required)

View Item View Item