PENGARUH MODEL PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RANGKUMAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Marbun, Aprina (2016) PENGARUH MODEL PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RANGKUMAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.2123111003. COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM.2123111003.APPROVAL.SHEET.pdf - Published Version

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM.2123111003.ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM.2123111003.PREFACE.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM.2123111003.TABEL.OF.CONTENT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM.2123111003.TABLES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM.2123111003.APPENDICES.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.-NIM.-2123111003.-CHAPTER-I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.NIM.2123111003.CHAPTER.V.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM.2123111003.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model peta pikiran terhadap kemampuan menulis rangkuman oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 418 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 35 orang. Dari pengolahan data, diperoleh hasil pre-test dengan nilai rata-rata = 65,8 dan standard deviasi = 8,4. Nilai tersebut tergolong dalam kategori baik, cukup dan kurang yakni 48,6% untuk kategori baik, 40% untuk kategori cukup dan 11,4% untuk kategori kurang. Hasil post-test dengan rata-rata = 80,4 dan standard deviasi = 9,2. Nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat baik, baik, dan cukup, yakni 22,9% untuk kategori sangat baik, 65,7% untuk kategori baik dan 11,4% untuk kategori cukup. Dari uji normalitas data hasil kelas pre-test dan post-test, menunjukkan bahwa kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas, dapat disimpulkan bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh to sebesar 8,43. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=35-1=34 dari df =35 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 8,43 > 2,03, maka hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model peta pikiran (Mind Mapping) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis rangkuman oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosmawaty, 196104201987032002
Call Number: SK-2016 IND 110
Keywords: Peta Pikiran;Menulis :Rangkuman.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Sep 2016 07:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19428

Actions (login required)

View Item View Item