PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR ALAT UKUR SISWA KELAS X TEKNIK PERMESINAN DI SMK SWASTA TELADAN MEDAN

Edi Purnawan, - (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR ALAT UKUR SISWA KELAS X TEKNIK PERMESINAN DI SMK SWASTA TELADAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
plagiat, pengesahan, persetujuan.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran alat ukur siswa kelas X Teknik Permesinan di SMK Swasta Teladan Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di 2 (dua) kelas X Teknik Permesinan yang berjumlah 92 siswa, yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 45 siswa dan kelas kontrol 47 siswa. Kedua kelas tersebut yang menjadi subjek penelitian, sementara untuk kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda dalam proses penelitian. Kelas eksperimen diberi perlakuan pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pengajaran dengan menggunakan metode ceramah.Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi berupa pemberian tes. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 butir soal. Sebelum dilakukan tes didua kelas tersebut, lebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda dimasaing – masing kelas.Dari hasil penelitian diperoleh rata – rata hasil belajar alat ukur siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 86.61, dan untuk hasil belajar alat ukur siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah adalah 81,79. Dari daftar distribusi t didapat thitung = 2,477 sedangkan ttabel = 1,99, peluang = 0,975. Jadi, hipotesis Ho : μ1 = μ2 ditolak dalam taraf nyata 0,05.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran koopratif tipe STAD terhadap hasil belajar mata pelajaran alat ukur siswa kelas X Teknik Permesinan di SMK Swasta Teladan Medan Tahun Ajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan19601125 198601 1 002
Call Number: 621.902 071 9 Pur p
Keywords: Hasil Belajar; Metode Belajar; Metode Ceramah
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19172

Actions (login required)

View Item View Item