PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X T. PERMESINAN SMK PEMDA R. PRAPAT T.P 2013/2014

Alif Akbar Siahaan, - (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X T. PERMESINAN SMK PEMDA R. PRAPAT T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Menggunakan alat ukur dianggap pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dalam proses pembelajaran, membuat banyak siswa yang belum memahami materi pelajaran dengan baik sehingga hasil belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan alat ukur pada kompetensi dasar memilihara peralatan pembanding dan/ pengukuran dasar pada pokok bahasan penyetelan/pengukuran dan pemeliharaan jangka sorong dan micrometer sesuai dengan prosedur operasi standar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas X Teknik Permesinan I SMK PEMDA R. Prapat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Permesinan I SMK PEMDA R. Prapat tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 30 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 75 dan setelah dilakukan tindakan perbaikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siklus II diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 87.6. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 21 orang (70%) dan setelah dilakukan tindakan siklus II sebanyak 26 orang (86.6%) yang telah tuntas, sedangkan 4 orang (13.3%) masih belum tuntas. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 45,7% tergolong cukup Aktif, dan setelah dilakukan siklus II diperoleh rata-rata 63.3% tergolong aktif. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan alat ukur pada kompetensi dasar memilihara peralatan pembanding dan/pengukuran dasar pada pokok bahasan penyetelan/pengukuran dan pemeliharaan jangka sorong dan micrometer sesuai dengan prosedur operasi standar dari hasil nilai ujian rata-rata hasil belajar 60 kemudian dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 75 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar 86.6.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEfendi, Hidir19610125 198703 1 001
Call Number: 621.902 071 9 Sia p
Keywords: Hasil Belajar; Alat Ukur; Modul Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19171

Actions (login required)

View Item View Item