PENGARUH PENDEKATAN SUPERVISI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK TERHADAP PENGETAHUAN MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS

Juraida, (2015) PENGARUH PENDEKATAN SUPERVISI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK TERHADAP PENGETAHUAN MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136132067 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136132067 APPROVAL SHEETS.pdf.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136132067 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136132067 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136132067 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136132067 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136132067 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136132067 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136132067 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136132067 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136132067 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas yang disupervisi dengan pendekatan supervisi kolaboratif lebih tinggi dari pada pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas yang disupervisi dengan pendekatan supervisi direktif; (2) pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas yang memiliki kemampuan berpikir abstrak tinggi lebih baik dari pada pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas yang memiliki kemampuan berpikir abstrak rendah; dan (3) interaksi antara penggunaan pendekatan supervisi dan kemampuan berpikir abstrak terhadap pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil di SMA Negeri di Kabupaten Nias yang berjumlah 50 orang. Seluruh populasi dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan, dimana setiap kelompok berjumlah 25 orang guru. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas dan tes kemampuan berpikir abstrak. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 × 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas guru yang disupervisi melalui pendekatan supervisi kolaboratif dengan pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas guru yang disupervisi melalui pendekatan supervisi direktif dengan Fhitung > Ftabel (15,65 > 3,94); (2) terdapat perbedaan pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas guru yang memiliki kemampuan berpikir abstrak tinggi dengan pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas guru yang memiliki kemampuan berpikir abstrak rendah dengan Fhitung > Ftabel (25,62 > 3,94); dan (3) ada interaksi antara pendekatan supervisi dan kemampuan berpikir abstrak terhadap pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas dengan Fhitung > Ftabel (17,45 > 3,94). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi pengawas sekolah dan guru untuk menggunakan pendekatan supervisi kolaboratif dalam meningkatkan pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas guru. Selain itu perlu ditingkatkan kemampuan berpikir abstrak guru dalam menerapkan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Thesis advisorDarwin, 196412311991031042
Call Number: 371.203 Jur p
Keywords: Menyusun penelitian tindakan kelas; Pendekatan supervisi; Kemampuan berpikir abstrak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Apr 2016 04:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1896

Actions (login required)

View Item View Item