PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK (MPRTL) SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2012/2013

Dalimunthe, Muhammad Fazrul (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK (MPRTL) SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
508331024 cover.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331024 Abstrak.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331024 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331024 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331024 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331024 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331024 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331024 Bab I.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331024 Bab V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar memperbaiki peralatan rumah tangga listrik pada pokok bahasan memperbaiki peralatan rumah tangga listrik yang menggunakan alat pemanas dan motor listrik yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI bidang keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TITL B yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen ialah kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning yaitu kelas XI TITL B yang berjumlah 28 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol ialah kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Konvensional yaitu kelas XI TITL A yang berjumlah 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan data, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan selama 2 pertemuan. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan memperbaiki peralatan rumah tangga listrik yang menggunakan alat pemanas dan motor listrik yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning memiliki skor rata-rata 3,296 sedangkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Konvensional memiliki skor rata-rata 2,874. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran memperbaiki peralatan rumah tangga listrik di kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2012/ 2013, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 3,510 > 1,699.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSurbakti, 195910201999031001
Call Number: 621.307 1 Dal p
Keywords: Hasil Belajar; Peralatan Listrik; Rumah Tangga; Konvensional; Siswa
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TH Building construction > TH3301 Maintenance and repair
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18768

Actions (login required)

View Item View Item