PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP SWASTA MULIA KOTA RANTANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

LumbanGaol, Tutianti (2015) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP SWASTA MULIA KOTA RANTANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3112111009 COVER .pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3112111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3112111009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3112111009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3112111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3112111009 TABLES.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3112111009 APPANDICES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3112111009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3112111009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3112111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PKn dalam mengatasi kenakalan siswa Kelas VIII SMP Swasta Mulia Kota Rantang Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swata Mulia Kota Rantang yang berjumlah 87 Siswa yang terdiri dari dua kelas dan sampel yang diambil seluruh jumlah populasi yaitu berjumlah 87 siswa dengan tehnik random sampel. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, penyebaran angket dan wawancara/interview. Tehnik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini dengan rumus statistik sederhana (persentase). Hasil penelitian dan pembahasan maka diambil kesimpulan : “guru pendidikan kewarganegaraan sangat besar peranannya dalam menggatasi siswa-siswa yang nakal di SMP Swasta Mulia Kota Rantang yaitu berada diantara 85%-100%. Ini membuktikan bahwa peran guru PKn benar adanya dalam mengatasi kenakalan siswa yaitu guru PKn bereran sebagai penasehat, pelatih, pengajar, pembimbing, dan model/teladan. Kenakalan siswa yang terjadi di SMP Swasta Mulia ini masih tergolongan kedalam kenakalan ringan. Adapun hambatan-hambatan yang dialami guru dalam mengatasi kenakalan siswa ini adalah siswa yang sering diganggu oleh temannya tidak segera memberi tahu kepada guru sehingga guru kurang cepat mengambil tindakan kemudian siswa yang merokok sering melakukannya diluar jam sekolah jadi guru kurang bisa mengontrol perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosnah195605101980032004
Call Number: SK-2015 PKN 043
Keywords: Peran Guru; Kenakalan siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18497

Actions (login required)

View Item View Item