PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XI IPS SMA BUDI SATRYA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Hasibuan, Iqbal Hambali (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XI IPS SMA BUDI SATRYA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 309311023-COVER.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311023-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311023-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311023-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311023-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311023-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311023-BAB I.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311023-BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311023-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang termotivasi sehingga hasil belajar yang dicapai kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh motivasi dalam proses belajar mengajar dengan hasil belajar di Kelas XI IPS SMA Budisatrya Medan.Metode yang digunakan adalah metode korelasi dengan menggunakan tehnik observasi, wawancara, tes, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Kelas XI IPS SMA Budisatrya Medan yang berjumlah 75 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 orang siswa. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode korelasi product moment. Pengambilan data dilakukan melalui metode total sampling dimana semua anggota populasi mendapat kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Koefisien antara Variabel X dan Y sebesar = 0,863 dan apabila dilihat dari tabel r untuk N = 75 didapat nilai krisis sebesar 0,227 dan apabila digunakan uji statistik t hasilnya atau 14,746 > 0,277.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan pemberian motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas XI IPS SMA Budisatrya Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 menunjukkan ada hubungan yang ditunjukkan oleh harga sebesar 0,863 yang tergolong berada pada korelasi tinggi. Melalui pengujian hipotesis dengan taraf kepercayaan 95% terhadap hipotesis yang ditegaskan dapat diterima dan terbukti kebenarannya. Penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemberian motivasi dengan hasil belajar. Pemberian motivasi belajar yang lebih baik akan menghasilkan kegiatan atau aktivitas belajar anak yang lebih baik pula. Kegiatan belajar seseorang dipengaruhi juga selain faktor pemberian motivasi dari orang tua tetapi juga oleh motivasi dari diri siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSetiawan, Deny196409171990031003
Call Number: 181.160 712 Has p
Keywords: Motivasi;Teori-Teori; Kedudukan Motivasi dalam Belajar; Meningkatkan Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Faktor-Faktor
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18094

Actions (login required)

View Item View Item