PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA NEGERI I BABALAN T.A 2012-2013

Husni, Nasria (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA NEGERI I BABALAN T.A 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 309121052 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121052 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121052 BAB I.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121052 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournamen TGT terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA di Negeri I Babalan T A 2012 2013Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan mengambil 2 sampel dari populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Babalan, yang terdiri dari 7 kelas Pengambilan sampel dilakukan secara random atau acak yaitu kelas X5 sebagai kelas eksperimen yang siswanya berjumlah 35 orang dan kelas X3 sebagai kelas kontrol yang siswanya berjumlah 35 orang.Hasil Penelitian menunjukkan adanya pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT Teams Games Tournament dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan nilai rata – rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 81 71 standar deviasi 606 dan varians 36m7 sedangkan nilai rata rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 66 14 standar deviasi 7 87 dan varians 61 9 Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 005 menggunakan uji t dua pihak untuk mengetahui kesamaan kemampuan awal dan diperoleh thitung 025 dan ttabel 2 00 thitung ttabel maka 0 25 200 yang artinya Ho diterima Ha ditolak, maka antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama Sedangkan adanya pengaruh hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak dan diperoleh thitung 8 85 dan ttabel 1 66 thitung ttabel maka 8 85 1 66 yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan hasil belajar sejarah dengan menggunakan model pembelajaran TGT lebih tinggi jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyarifah, 195907031986012001
Call Number: 907 12 / Hus /p
Keywords: Hasil belajar ; Hasil belajar sejarah ; Model pembelajaran ; Kooperatif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18005

Actions (login required)

View Item View Item