IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAIRAN DARAT KELAS X SMA NEGERI 1 STABAT T.A 2011/2012

Hasan, Ayu Mustika (2012) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAIRAN DARAT KELAS X SMA NEGERI 1 STABAT T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 308331014 Cover.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 308331014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 308331014 Abstrak.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 308331014 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 308331014 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 308331014 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 308331014 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 308331014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 308331014 Bab I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 308331014 Bab VI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 308331014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Aktivitas belajar siswa pada materi perairan darat melalui implementasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (2) Hasil belajar siswa pada materi perairan darat melalui implementasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Stabat dengan subjek penelitian kelas X-B yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen soal dan pedoman observasi yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi perairan darat yang terdiri dari 64,16% pada siklus I menjadi 80,62% pada siklus II dengan rata-rata peningkatan aktivitas belajar 50,63%, (2) Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perairan darat yang terdiri dari 71,87% pada siklus I menjadi 87,50% pada siklus II dengan rata-rata peningkatan hasil belajar 15,63%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan model pembelajaran yang sesuai untuk digunakan karena antara materi pelajaran yaitu perairan darat dengan model dapat menunjukkan peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLumbantoruan, W.195610081983031002
Call Number: 910.071 Has i
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Perairan darat; Cooperative integrated reading and composition
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17415

Actions (login required)

View Item View Item