PENGARUH PENERAPAN DISIPLIN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMP NEGERI 38 MEDAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Adawiyah, Rabiatul (2012) PENGARUH PENERAPAN DISIPLIN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMP NEGERI 38 MEDAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
308311063 Abstrak.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311063 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311063 Bab I.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311063 Bab V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311063 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan disiplin sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri 38 Medan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan, danmenjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang yang akan dilakukandengan menempuh langkah-langkah pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Medan yang berjumlah 220 siswa. Sampel dalam penelitian ini 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 55 siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Medan yang diambil secara acak (random sampling). Teknikanalisis data menggunakan rumus product moment.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan rumus product moment maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan disiplin sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri 38 Medan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data dimana tingkat koefisien korelasi penerapan disiplin sekolah terhadap prestasi belajar siswa yaitu sebesar 0,444. Dengan demikian harga r hitung lebih besar dari harga kritik r tabel yaitu 0,266 (0,444 > 0,266). Kemudian hasil koefisienkorelasi tersebut diperkuat dengan perhitungan uji t diperoleh dengan harga t hitung lebih besar dari t tabel (3,567 > 1,671), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiregar, Rosnah195605101980032004
Call Number: 180.071 Ada p
Keywords: Pendidikan kewarganegaraan; Prestasi belajar; Disiplin sekolah
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17326

Actions (login required)

View Item View Item