PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI BERBASIS KPS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER

Azhar, Raqjabul (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI BERBASIS KPS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8146142028 JUDUL.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8146142028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8146142028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8146142028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8146142028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8146142028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8146142028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8146142028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8146142028 BAB I.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8146142028 BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8146142028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan penuntun praktikum dibidang kimia. Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh penuntun praktikum kimia SMA kelas XI berbasis KPS pada materi hidrolisis garam terintegrasi pendidikan karakter, (2) mengetahui pengaruh penggunaan penuntun praktikum kimia SMA kelas XI berbasis KPS pada materi hidrolisis garam terintegrasi pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa, (3) mengetahui hubungan nilai karakter terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA 1 Langsa, SMA 2 Langsa dan SMA 3 Langsa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, sample dalam penelitian ini terdiri dari 10 guru kimia di SMA dan 1 dosen kimia UNIMED sebagai validator ahli, dua kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan dengan penuntun praktikum kima SMA yang ada disekolah, kelas eksperimen II yang diajarkan dengan penuntun praktikum kimia SMA kelas XI berbasis KPS pada materi hidrolisis garam terintegrasi pendidikan karakter. Instrument penelitian berupa tes objectif hasil belajar berdasarkan uji validitas tes, realibilitas tes, taraf kesukaran dan daya beda dan lembar observasi karakter siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan independent T-test dan regresion linear menggunakan progam SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penuntun praktikum kimia SMA kelas XI berbasis KPS pada materi hidrolisis garam terintegrasi pendidikan karakter telah layak valid dan tidak perlu direvisi (2) terdapat pengaruh penggunaan penuntun praktikum kimia SMA kelas XI berbasis KPS pada materi hidrolisis garam terintegrasi pendidikan karakter terhadap peningkatan hasil belajar (3) terdapat hubungan yang signifikan antar nilai karakter dengan peningkatan hasil belajar menggunakan penuntun praktikum kimia SMA kelas XI berbasis KPS pada materi hidrolisis garam terintegrasi pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitorus, Marham196301011989031004
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Call Number: 541.393 071 2 Azh p
Keywords: Penuntun praktikum; KPS; Kimia; Pendidikan karakter; Hidrolisis garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
L Education > LT Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Sep 2016 03:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17133

Actions (login required)

View Item View Item