PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 068474 MEDAN LABUHAN

Suarni, Herita (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 068474 MEDAN LABUHAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.Sampul Tesis.pdf]
Preview
Text
1.Sampul Tesis.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 2.Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2.Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of 3.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 4.KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 5.DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 6.DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 7.DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 9.BAB I.pdf]
Preview
Text
9.BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 13.BAB V.pdf]
Preview
Text
13.BAB V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 14.DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 068474 Medan Labuhan. Jl. Tangguk Damai Blok III Griya Martubung Medan Labuhan kota Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA semester genap tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah partisipan berjumlah 36 orang siswa, dan dalam penelitian ini dibantu oleh dua orang guru sebagai observer dan peneliti sebagai pelaku tindakan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yakni siklus pertama dan siklus kedua. Setiap siklus penelitian terdiri dari tahapan kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Pengumpulan data dilakukan melalui : 1) tes awal untuk mengetahui apakah materi prasyarat sudah dipahami siswa, 2) tes unit dilakukan setiap akhir siklus, 3) tes akhir untuk mengetahui sejauh mana materi pelajaran telah dipahami siswa, 3) observasi dilakukan untuk memperoleh data tentang aktivitas siswa dan guru, 4) wawancara dilakukan untuk mengetahui respon dan tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa : 1) hasil belajar siswa pada akhir siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas 69.61, skor rata-rata kelas pada siklus II adalah 74.64, dan skor rata-rata kelas pada tes akhir sebesar 76.72, dan ketuntasan klasikal 88.89 % , 2) rata-rata aktivitas siswa pada akhir siklus II adalah 83 % ( kategori baik), dan rata-rata aktivitas guru pada akhir siklus II sebesar 88 % (kategori baik), 3) respon siswa selama mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siklus I dan siklus II menunjukkan hasil yang sangat baik, hal ini dapat dilihat dari data yang diperoleh melalui pengamatan, maupun dari hasil wawancara yang dilakukan. Sebagai implikasi dari hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatiftipe TAI pada pelajaran matematika dengan materi pecahan, dapat disarankan kepada guru untuk menerapkannya, karena dapat meningkatkan motivasi, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan kerjasama yang baik diantara siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Sua p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Tipe TAI; Aktivitas belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Apr 2016 02:33
Last Modified: 13 Apr 2016 02:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item
View Item