PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENULIS NASKAH DRAMA OLEH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SEI BINGAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Tambunan, Tumpal Badia Mora (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENULIS NASKAH DRAMA OLEH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SEI BINGAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2103311048 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311048 TABLES.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311048 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sei Bingai Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sei Bingai sebanyak 212 orang. Adapun persentase sampel diambil sebanyak 16,5% dari jumlah kesuluruhan siswa yaitu 35 orang, yang diambil secara purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test – post-test design.Sebuah instrumen digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja dalam bentuk penugasan menulis naskah drama.Hasil pengolahan data yang didapat dari hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 66,04 dengan standar deviasi 6,59. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 81,42 dengan standar deviasi 6,24. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test, dengan kata lain ada peningkatan hasil nilai rata-rata siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji . Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh = 9,92 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% (0,05) dengan df1= 2-1, dan df2= 35-2 = 33. Pada tabel t dengan df1= 1, df2= 33 diperoleh = 2,03. Kriteria pengujian menyatakan bahwa ( ) diterima jika > yaitu 9,92 > 2,03, maka hipotesis alternatif diterima, yang menyatakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis naskah drama.Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sei Bingai Tahun Pembelajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDalimunthe, Syairal Fahmi197802112006041002
Call Number: SK-2015 IND 190
Keywords: Student Teams Achievement Division (STAD), menulis naskah drama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15643

Actions (login required)

View Item View Item