PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Pardede, Rosa Amelia Cristina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2113111073 COVER.pdf]
Preview
Text
2113111073 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 2113111073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2113111073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
[thumbnail of 2113111073 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2113111073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 2113111073 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2113111073 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 2113111073 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2113111073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 2113111073 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2113111073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 2113111073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2113111073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2113111073 BAB I.pdf]
Preview
Text
2113111073 BAB I.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[thumbnail of 2113111073 BAB V.pdf]
Preview
Text
2113111073 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 2113111073 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2113111073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 225 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Perbaungan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang yang diambil dengan teknik acak kelas (cluster random sampling). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan two-group posttest design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji.Berdasarkan distribusi data maka diperoleh nilai rata-rata dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi adalah 81,71 dengan standar deviasi 11,52, dan standar error 1,97dari jumlah siswa 35 orang. Sedangkan hasil rata-rata dari penerapan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi, adalah 69, dengan standar deviasi 8,76, dan standar error 1,50 dari jumlah siswa 35 orang. Berdasarkan uji normalitas sampel untuk kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel, yaitu 0,1251 < 0,1498, sementara untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,1133 < 0,1498, dengan n= 35 dengan taraf nyata α = 0,05. Oleh karena itu, berdasarkan kriteria pengujian jika Lhitung < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal. Selanjutnya, berdasarkan uji homogenitas sampel dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh Ftabel = 1,76 dan Fhitung= 1,72, dengan demikian dapat dilihat bahwa Fhitung < Ftabel yakni 1,72 < 1,76 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua sampel adalah kelompok homogen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Perbaungan. Hal tersebut diketahui setelah melakukan perhitungan dengan uji t, dimana diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,0637 > 1,6613.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 036
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Model Pembelajaran Ekspositori; Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Sep 2016 09:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15521

Actions (login required)

View Item
View Item