PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Rahayu, Suri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113311070 COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311070 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311070 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311070 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311070 TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311070 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311070 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311070 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas XI SMA NEGERI 11 MEDAN Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 213 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 35 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata = 66,82, standar deviasi = 7,65, dan termasuk pada kategori baik dan cukup, yakni 25,71 % dari kategori baik dan 48,57% dari kategori cukup. Sedangkan hasil post-test dengan rata-rata = 81,28, standar deviasi = 8,18, dan termasuk pada kategori sangat baik, baik, dan cukup, yakni 51,42% dari kategori sangat baik, 31,42% dari kategori baik, dan 14,28% dari kategori cukup. Dari uji data pre-test dan post-test diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Data pre-test diperoleh Lhitung < Ltabel atau 0,142 < 0,1499 dan data post-test diperoleh Lhitung < Ltabel atau 0,1389 < 0,1499. Sedangkan dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen yaitu Fhitung < Ftabel atau 1,72 < 1,76. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperolehlah t0 sebesar 7,57. Selanjutnya t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = 30, maka diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 0,24. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 7,57 > 2,03, maka H0 ditolak dan Ha diterima.Hal ini membuktikan bahwa pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Fitriani19770831 200812 2 001
Call Number: SK-2015 IND 019
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Menulis Naskah Drama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15510

Actions (login required)

View Item View Item