PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FISHBOWL (TOPLES IKAN) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA OLEH SISWA KELAS VIII YAYASAN PENDIDIKAN NURUL KHAIR DESA TANDAM HILIR II TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Rahmadani (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FISHBOWL (TOPLES IKAN) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA OLEH SISWA KELAS VIII YAYASAN PENDIDIKAN NURUL KHAIR DESA TANDAM HILIR II TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 209111054 COVER.pdf]
Preview
Text
209111054 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 209111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
209111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 209111054 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
209111054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 209111054 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
209111054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 209111054 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
209111054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 209111054 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
209111054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 209111054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
209111054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 209111054 BAB I.pdf]
Preview
Text
209111054 BAB I.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of 209111054 BAB V.pdf]
Preview
Text
209111054 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 209111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
209111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran fishbowl (toples ikan) terhadap kemampuan menulis naskah drama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Yayasan Pendidikan Nurul Khair, Desa Tandam Hilir II Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 150 orang. Dari 150 orang tersebut, ditetapkan 76 orang sebagai sampel penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model desain penelitian post test only control design group. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis naskah drama dalam bentuk esai.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji ”t” dengan rumus:to = Berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen= 78,6, standar deviasi=7,34, dan termasuk kategori sangat baik 31,57%, kategori baik 42,10%, kategori cukup 26,31%. Sedangkan pada kelas kontrol, nilai rata-rata 65, standar deviasi = 7,72, dan termasuk dalam kategori baik 13,15%, kategori cukup 44,73%, kategori kurang 36,84, kategori sangat kurang 5,26%.Dari analisis data menggunakan uji “t” diperoleh t0 = 7,86, selanjutnya dikonsultasikan dengan table pada taraf signifikan 5% dan 1% dengan df=38-1=37. Pada tabel “t” dengan df 37 diperoleh taraf signifikan 5%= 2,03dan pada taraf signifikasi 1% = 2,72, maka dapat diketahui t0> ttabel, yakni 2,03 < 7,86 > 2,72. Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.Hal ini berarti metode pembelajaran fishbowl berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII Yayasan Pendidikan Nurul Khair Desa Tandam Hilir II Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.207 12 Rah p
Keywords: metode pembelajaran fishbowl; pembelajaran konvensional; fungsi dan tujuan menulis; puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Sep 2016 07:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15348

Actions (login required)

View Item
View Item