PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN BANTUAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH

Pasaribu, Adriantho Benny (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN BANTUAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 081188730052 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 081188730052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 081188730052 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 081188730052 PREFACE.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 081188730052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 081188730052 TABLES.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 081188730052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 081188730052 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 081188730052 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 081188730052 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari rendahnya kemampuan pemahaman dan kreativitas matematika siswa dengan akar permasalahan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru kurang relevan dan terbatasnya media pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui:(1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman dan kreativitas matematika siswa yang diajar dengan pendekatan penemuan terbimbing dengan bantuan media software Autograph lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pendekatan penemuan terbimbing tanpa Autograph dan pembelajaran biasa; (2) mengetahui apakah ada interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dengan tingkat kemampuan matematika terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan kreativitas matematika siswa; dan (3) bagaimana pola jawaban siswa pada tes pemahaman dan kreativitas matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperimen. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Binjai terdiri atas 3 kelas yang dipilih secara random yakni kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen 1 ,VIII-1 sebagai kelas eksperimen 1 dan VIII-7 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data berdasarkan nilai gain data pretes dan postes adalah:(1) peningkatan kemampuan pemahaman siswa diajar dengan pendekatan penemuan terbimbing dengan bantuan media software Autograph tidak lebih tinggi dari pendekatan penemuan terbimbing tanpa Autograph, (2) peningkatan kemampuan pemahaman siswa diajar dengan pendekatan penemuan terbimbing dengan bantuan media software Autograph lebih tinggi dari pendekatan pembelajaran biasa. (3) peningkatan kemampuan kreativitas siswa diajar dengan pendekatan penemuan terbimbing dengan bantuan media software Autograph lebih tinggi dari pendekatan penemuan terbimbing tanpa Autograph, (4) peningkatan kemampuan kreativitas siswa diajar dengan pendekatan penemuan terbimbing dengan bantuan media software Autograph lebih tinggi dari pendekatan pembelajaran biasa, (5) terdapat interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dengan tingkat kemampuan matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa dengan nilai Fhitung = 5,671>Ftabel=F(4,774)=2,37 atau sig=0.000 < 0.05, (6) terdapat interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dengan tingkat kemampuan matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan kreativitas matematika siswa Fhitung = 5,671>Ftabel=F(4,774)=2,37 atau sig=0.000 < 0.05. (7) Pola jawaban tes kemampuan pemahaman dan kreativitas matematika siswa lebih baik untuk kelas yang diajar dengan pendekatan penemuan terbimbing dengan bantuan media software Autograph daripada kelas yang diajar dengan pendekatan penemuan terbimbing dengan tanpa media software Autograph dan pembelajaran biasa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui pendekatan penemuan terbimbing dengan bantuan media software autograph dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan kreativitas matematika siswa. Berdasarkan kesimpulan ini maka diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan pendekatan penemuan terbimbing dengan bantuan media software Autograph untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan kreativitas matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Thesis advisorDewi, Izwita196207061989032001
Call Number: 512.507 1 Pas p
Keywords: Hakekat pembelajaran matematika; Pemahaman matematika; Kretaivitas matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Apr 2016 04:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item View Item