IMPLEMENTASI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN KIMIA LARUTAN DI SMA KELAS XI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN NILAI KARAKTER SISWA

Sinaga, Grace Eunike (2014) IMPLEMENTASI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN KIMIA LARUTAN DI SMA KELAS XI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN NILAI KARAKTER SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM.8126142009.COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142009.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142009.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142009.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142009.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142009.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142009.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142009.BAB I.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142009.BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142009.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung , model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing, dan model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing dengan komputer, (2) Perbedaan yang signifikan karakter kerja keras, kreativitas, peduli lingkungan, gemar membaca dan rasa ingin tahu (KKPGR) siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung, model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing, dan model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing dengan komputer, dan (3) hubungan antara karakter siswa dengan hasil belajar kimia siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bersifat eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA kelas XI di kota Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling, yaitu SMAN 2, SMAN 7 dan SMAN 17 Medan masing masing sebanyak 3 kelas. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kimia dan observasi peningkatan nilai karakter siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians (Anova) 1 arah (One way Anova) dengan SPSS 20 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data, disimpulkan (1) Secara signifikan terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung, model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing, dan model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing dengan komputer. (2) Secara signifikan terdapat perbedaan nilai karakter KKPGR yang terkembang antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung, model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing, dan model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing dengan komputer. (3) Secara signifikan terdapat hubungan hasil belajar dengan nilai karakter KKPGR yang terkembang diantara siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung , model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing, dan model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing dengan komputer

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJahro, Lis SIti196510151992032003
Thesis advisorMahmud, 195802221989031002
Call Number: 546.071 2 Sin m
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Inkuiri Terbimbing dan Pembelajaran Langsung;Media Pembelajaran; Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item View Item