PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY ( CERITA PEMULA DISKUSI ) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Lubis, Yusnelli (2013) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY ( CERITA PEMULA DISKUSI ) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208311137 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311137 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311137 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311137 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311137 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311137 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311137 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311137 BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311137 BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311137 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh teknik pembelajaran Discussion Starter Story ( cerita pemula diskusi ) terhadap kemampuan dalam menulis cerpen tahun pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA MAN 2 Model Medan sebanyak 328 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 68 orang, 34 orang untuk kelas eksperimen dan 34 orang untuk kelas kontrol.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes esay dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,15, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 65,85. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis cerpen kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 8,05, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% maupun 1% dengan dk = (N1+N2) – 2 = (34 + 34) – 2 = 66, maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,00 dan taraf signifikansi 1% = 2,65. Setelah dikonsultasikan, ternyata to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00 < 4,13 > 2,65. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Teknik Discussion Starter Story ( cerita pemula diskusi ) lebih berpengaruh daripada teknik Ekspositori dalam menulis cerpen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSigalingging, H19511031 198103 1 001
Call Number: 808.307 1 Lub p
Keywords: Cerpen; Diskusi; Pembelajaran; Menulis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15140

Actions (login required)

View Item View Item