PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN BERCERITA BERPASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DOLOKSANGGUL TAHUN AJARAN 2012/2013

Sihite, Erma Junita (2012) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN BERCERITA BERPASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DOLOKSANGGUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 208111037 COVER.pdf]
Preview
Text
208111037 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 208111037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
208111037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (724kB) | Preview
[thumbnail of 208111037 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
208111037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 208111037 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
208111037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 208111037 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
208111037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 208111037 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
208111037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 208111037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
208111037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 208111037 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
208111037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 208111037 BAB I.pdf]
Preview
Text
208111037 BAB I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of 208111037 BAB V.pdf]
Preview
Text
208111037 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 208111037 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
208111037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran bercerita berpasangan terhadap kemampuan bercerita pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Doloksanggul tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini berjumlah 48 orang dari 230 populasi yang ada. Sampel tersebut akan dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dikenai perlakuan teknik pembelajaran bercerita berpasangan , sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan teknik ekspositori.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian postest only control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes performance atau uji produk.Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,41 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 71,4. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 4,298 pada taraf signifikan &#945; = 5% dari daftar distribusi t dk (n-1) = 24-1 = 23, maka diperoleh ttabel = 2,014 dan pada taraf signifikansi &#945; = 1% dari daftar distribusi t dk (n-1) = 24-1 = 23, ttabel = 2,692 . Jadi, thitung > ttabel = 2,014 < 4,570>2,692. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti teknik pembelajaran bercerita berpasangan lebih efektif dibanding teknik pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan bercerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 410.071 Sih p
Keywords: cerita; story telling; ekspositori
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 13 Feb 2017 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15065

Actions (login required)

View Item
View Item