PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT DENGAN PEMBERIAN HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sipahutar, Rohani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT DENGAN PEMBERIAN HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 7122142007 COVER.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 7122142007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 7122142007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 7122142007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 7122142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 7122142007 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 7122142007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 7122142007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 7122142007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7122142007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7122142007 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Point Counter Point dengan pemberian Handout lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional siswa kelas X SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa yang beralamat di Jl. Pahlawan, Deli Serdang pada semester genap Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling, yaitu kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan X AK 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas 36 siswa dengan jumlah sampel 72 siswa. Teknik pengambilan data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata dengan kelas eksperimen pre-test ̅ ; SD = 10,71 dan post-test ̅ ; SD = 9,88. Sedangkan kelas kontrol pre-test ̅ ; SD = 10,45 dan post-test ̅ ; SD = 10,08. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t dan dk = (n1 + n2)-2 pada taraf Dari data perhitungan hipotesis thitung = 4,3419 sedangkan ttabel = 1,669. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,3419 > 1,669 dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Point Counter Point dengan pemberian Handout lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRamdhansyah, 197608272008011012
Call Number: SK-2016 AKT 077
Keywords: Point Counter Point Dengan Pemberian Handout; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2016 08:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14885

Actions (login required)

View Item View Item