PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Situmorang, Eduward (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 7123341025 COVER.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341025 TABLES.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341025 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341025 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Medan yang beralamat di Jalan Gelas No. 12 Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 75 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling jenuh/ total yaitu seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2015/2016, yang terdiri dari kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes berupa soal pilihan ganda setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada kelas Eksperimen dan model pembelajaran Think Pair Share pada kelas kontrol. Uji instrumen dilakukan melalu uji Validitas untuk analisis butir soal menggunakan rumus Pearson Product Moment, uji Reliabilitas diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha, tingkat kesukaran tes dan daya pembeda tes. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan uji t pada taraf kepercayaan signifikan 95% atau alpha 5%. Teknik analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, varians, dan standar deviasi. Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, setelah itu melakukan pengujian hipotesis. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas eksperimen adalah 38,16 dan 83,42 dengan standar deviasi 11,707 dan 7,893. Nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas kontrol adalah 55,81 dan 74,19 dengan standar deviasi 11,396 dan 9,318. Hasil penelitian menunjukkan bahwa > yakni 4,6605 > 1,9957. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan T.A 2015/2016 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJohnson, 196111021987031001
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2016 EKO 010
Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14851

Actions (login required)

View Item View Item