PENGARUH SIKAP DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.P 2015/2016

Sihombing, Susiyanti (2016) PENGARUH SIKAP DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 7123141143 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 7123141143 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 7123141143 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 7123141143 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 7123141143 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 7123141143 TABLES.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM DAFTAR ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 7123141143 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM 7123141143 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 712314114 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah sikap pada mata pelajaran ekonomi dan konsep diri memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap pada mata pelajaran ekonomi dan konsep diri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Gajah Mada Medan T. P 2015/2016 yang terdiri dari satu kelas yaitu XI IPS yang berjumlah 30 siswa. Sampel penelitian ini adalah 30 orang yang diperoleh melalui teknik sampel Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi,dokumentasi,wawancara dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus product moment. Sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F dan R2. Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 40,630 + 0,246 X1 + 0,305 X2 yang berarti variabel sikap pada mata pelajaran ekonomi (X1) dan konsep diri (X2) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Pada uji Determinan R2 diperoleh nilai R = 0,378 yaitu menyatakan bahwa sikap pada mata pelajaran ekonomi dan konsep diri memberikan kontribusi sebesar 37,8% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel sikap pada mata pelajaran ekonomi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi thitung> ttabel (2.853> 1.701) dengan nilai sig 0,008 < 0,05 dan untuk variabel konsep diri juga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi thitung> ttabel (3.412>1.701) dengan nilai sig 0,002 < 0,05. Dan antara sikap pada mata pelajaran dan konsep diri secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa ini ditunjukkan pada nilai Fhitung>Ftabel (8.209> 3,35). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa variabel Sikap pada mata pelajaran ekonomi (X1) dan Konsep Diri (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa (Y) baik secara parsial maupun secara simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJohnson, 196111021987031001
Call Number: SK-2016 EKO 019
Keywords: Sikap; Konsep Diri; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14846

Actions (login required)

View Item View Item