PENGARUH SENSE OF HUMOR GURU DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SWASTA RAKSANA MEDAN T.P. 2015/2016

Hutahaean, Lidia Aprileny (2016) PENGARUH SENSE OF HUMOR GURU DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SWASTA RAKSANA MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 7123341063 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341063 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341063 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341063 PREFACE.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341063 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341063 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341063 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341063 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123341063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh sense of humor guru dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta Raksana Medan T.P. 2015/2016. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sense of humor guru dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta Raksana Medan T.P. 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Raksana Medan yang beralamat di Jalan Gajah Mada, No 20. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IPS di SMA Swasta Raksana Medan T.P. 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, yaitu seluruh anggota populasi sebanyak 89 siswa dijadikan sebagai sampel, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur sense of humor guru dan pengelolaan kelas berupa angket. Validitas tes diuji dengan menggunakan product moment dengan hasil dari masing-masing variabel sense of humor guru dan pengelolaan kelas dinyatakan 25 soal valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas sense of humor guru adalah sebesar 0,723>0,294 (rhitung>rtabel) dan untuk pengelolaan kelas sebesar 0,706>0,294 (rhitung>rtabel). Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 5,932 + 0,773X1 + 0,432X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikan alpha 5%, hasil yang diperoleh menunjukkan sense of humor guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dimana thitung>ttabel (7,321>1,663). Dan pengelolaan kelas berpengaruh secara siginifikan terhadap prestasi belajar dimana thitung>ttabel (5,327>1,663). Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan variabel sense of humor guru dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta Raksana Medan T.P. 2015/2016 dengan nilai Fhitung>Ftabel (89,053>3,10). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sense of humor guru dan pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta Raksana Medan T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Randeska197609112008012012
Call Number: SK-2016 NIAGA 062
Keywords: Sense Of Humor Guru; Pengelolaan Kelas; Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Aug 2016 06:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14748

Actions (login required)

View Item View Item