HUBUNGAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DAN PENGGUNAAN WAKTU BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA KARTIKA I-1 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Rahmadini, Annisa (2013) HUBUNGAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DAN PENGGUNAAN WAKTU BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA KARTIKA I-1 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709341010 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341010 BAB I.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341010 BAB V.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada hubungan kelengkapan fasilitas belajar dengan prestasi belajar. (2) apakah ada hubungan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar. (3) apakah ada hubungan kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hubungan kelengkapan fasilitas belajar dengan prestasi belajar. (2) untuk mengetahui hubungan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar. (3) untuk mengetahui hubungan kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kartika I-1 Medan Jalan S. Parman No. 240 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan kuesioner (angket) dan dokumentasi nilai prestasi belajar siswa sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Kartika I-1 Medan yang terbagi atas 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 82 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara total sampling yang berjumlah 82 orang. Untuk menguji hipotesis 1 dan 2 digunakan statistik t dengan model korelasi product moment. Sedangkan untuk menguji hipotesis 3 digunakan statistik F dengan model korelasi ganda. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa diketahui thitung > ttabel yaitu 5,639 > 1,990. (2) ada hubungan positif dan signifikan antara penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi siswa diketahui thitung > ttabel yaitu 7,875 > 1,990. (3) ada hubungan positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan waktu belajar di rumah secara bersama-sama dengan prestasi belajar ekonomi siswa diketahui Fhitung > Ftabel yaitu 71,317 > 2,720 dengan koefisien determinan (R2) sebesar 0,644 yang berarti 64,4% kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan waktu belajar memiliki hubungan dengan prestasi belajar ekonomi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fhitung (71,317) > Ftabel (2,720), yaitu ada hubungan positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Kartika I-1 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNasution, H.M. Fachry195601171983031002
Call Number: 658.071 2 Rah h
Keywords: kelengkapan; fasilitas belajar; penggunaan waktu; prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13722

Actions (login required)

View Item View Item