PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK PAB 2 HELVETIA T.P 2012/2013

Harahap, Anggi Fitriyani (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK PAB 2 HELVETIA T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709341008 COVER.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341008 BAB I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341008 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMK PAB 2 Helvetia T.P 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMK PAB 2 Helvetia T.P 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK PAB 2 Semester Genap yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling yaitu kelas XI AP1 sebagai kelas eksperimen dan XI AP2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 40 orang dan kelas kontrol berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 10 soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, realibilitas tes.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre test kelas eksperimen 57,75 dengan standar deviasi 10,97 dan nilai rata-rata kelas kontrol 58,50 dengan standar deviasi 10,51. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas pada data hasil tes kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah sebesar 77,50 dengan standar deviasi 10,80 dan pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 68,25 dengan standar deviasi 10,35. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus Uji-t dengan dk (n1 + n2- 2) pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung = 3,913 sedangkan untuk ttabel = 1,667 sehingga thitung > ttabel (3,913 > 1,667). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,913 > 1,667 dengan kata lain hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Instruction pada pokok bahasan sistem wilayah terhadap hasil belajar Kearsipan siswa di kelas XI AP SMK PAB 2 Helvetia T.P. 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Mangarap195208151980111001
Call Number: 651.507 1 Har p
Keywords: model pembelajaran; problem based instruction; konvensional; hasil belajar; kearsipan
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13654

Actions (login required)

View Item View Item