PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-4 DI SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Bancin, Marojahan (2012) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-4 DI SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114187 COVER.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114187 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114187 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114187 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114187 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114187 BAB I.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114187 BAB V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114187 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah, rendahnya “Aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-4 di SMA Negeri 17 Medan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan Penerapan Kolaborasi Strategi Pembelajaran Aktif Everyone Is Teacher Here dengan Model Pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-4 SMA Negeri 17 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 17 Medan yang berlamat di jalan Jalan Letnan Jenderal Jamin Ginting Km. 13,5 kelurahan Lau Chi Medan Tuntungan, pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X-4 yang berjumlah 38 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Talking Stick dan Everyone is Teacher Here. Teknik pengumpulan data menggunakan test belajar dan lembar observasi siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan menarik kesimpulan berdasarkan reduksi dan sajian data. Dari hasil observasi terhadap siswa menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-ratanya 12,5 dan pada siklus II rata-ratanya menjadi 15,2. Sedangkan hasil test yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 38 siswa terdapat 18 (47%) siswa yang tuntas belajar pada siklus II meningkat menjadi 35 (92%) siswa yang tuntas belajar. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Talking stick dan Everyone is Teacher Here pada pelajaran Ekonomi siswa kelas X-4 di SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar siswa yang signifikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahmadana, Fitri197709142005011003
Call Number: 352.071 Ban p
Keywords: Model pembelajaran Talking Stick; Model pembelajaran Everyone is Teacher Here; aktivitas Belajar; Hasil belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13136

Actions (login required)

View Item View Item