KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TALKING STICK DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2011/2012

Pasaribu, Enjelina (2012) KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TALKING STICK DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114121 Cover.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114121 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114121 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114121 Abstrak.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114121 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114121 Bab I.pdf - Published Version

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114121 Bab V.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114121 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pancur Batu. Dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Talking Stick.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pancur Batu yang berlokasi di Jl. Letjen Jamin Ginting. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dengan jumlah 35 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data dan penyajian data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 11 siswa (31,42%) dengan nilai rata-rata 61,65, yang memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah diadakan siklus I siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa (62,85%) dengan nilai rata-rata 69,62, dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa (88,57%) dengan rata-rata nilai 80,14. Sedangkan aktivitas juga menunjukkan keberhasilan, hal ini terlihat dari siklus I terdapat 2 siswa (5,71%) kategori “sangat aktif”, 9 siswa (25,71%) untuk kategori “aktif”, 11 siswa (31,42%) untuk kategori “cukup aktif”, 8 siswa (22,85%) untuk kategori “belum aktif”, 5 siswa (14,28%) untuk kategori “tidak aktif”, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 10 siswa (28,57%) untuk kategori “sangat aktif”, 17 siswa (48,57%) untuk kategori “aktif”, 8 siswa (22,85%) untuk kategori “cukup”, dan untuk kategori “belum aktif” dan “tidak aktif” berjumlah 0 (0%).Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pancur Batu pada standar kompetensi memahami perekonomian terbuka T.A 2011/2012. Hal ini berarti bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Talking Stick dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Butet Aminah194909111980112001
Call Number: 352.071 Pas p
Keywords: Kolaborasi, Model Pembelajaran, Student Teams Achievement Division (STAD); Talking Stick; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13132

Actions (login required)

View Item View Item