PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, STATISFACTION) DAN KUMON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Pratiwi, Rahmi (2015) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, STATISFACTION) DAN KUMON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141176 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141176 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141176 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141176 PREFACE.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141176 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141176 TABLES.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141176 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141176 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141176 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141176 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141176 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi di kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Stabat T.P 2013/2014 melalui penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction ) dan Kumon. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Stabat T.P 2013/2014 dengan subjek adalah siswa kelas X AK 1 yang berjumlah 39 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil obervasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I siswa yang masuk dalam kategori aktif sebesar 10 (25,64%) dan dari hasil belajar siswa terdapat 13 orang siswa (33,33%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 70,05. Karena persentase siswa yang aktif belum mencapai indikator keberhasilan klasikal 75% dan ketuntasan belajar siswa juga belum mencapai indikator keberhasilan hasil belajar yaitu 75% maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 35 orang siswa (89,74%) yang masuk dalam kategori aktif. Sedangkan dari hasil belajar siswa terdapat 34 orang siswa (87,2%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 82,9. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II yang diperoleh dengan membandingkan nilai thitung 7,17 > ttabel 0,0244. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction ) dan Kumon di kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Stabat T.P 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: 657.071 2 Pra p
Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Statisfaction) dan Kumon
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12962

Actions (login required)

View Item View Item