PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA TELADAN PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Pardede, Rona Elina (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA TELADAN PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114242 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114242 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114242 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114242 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0708114242 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114242 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114242 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114242 BAB I.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114242 BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114242 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar akuntansi siswa Kelas XI AK SMK Swasta Teladan Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2011/2012 dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK yang berjumlah 82 orang terdiri dari 2 kelas, yaitu XI AK-1 berjumlah 40 orang dan XI AK-2 berjumlah 42 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak sederhana yang terdiri dari kelas eksperimen 34 orang kelas kontrol 34 orang. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar serta lembar kerja siswa berupa objektif tes dengan jumlah 20 soal yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t dengan terlebih dahulu menghitung uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pos tes siswa kelas eksperimen 72,35 dengan SD = 9,39 dan nilai rata-rata kelas kontrol 64,56 dengan SD = 8,91. Nilai thitung =3,478 dan ttabel =1,998 pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 66 dengan demikian ttitung > ttabel. Maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hasil yang diperoleh menunjukkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Teladan Pematangsiantar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (X = 72,35 dan SD = 9,39) lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional (X = 64,56 dan SD =8,91). Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh harga thitung = 3,478 pada taraf signifikan α = 0,05 dan harga ttabel = 1,998 maka thitung > ttabel yaitu 3,478 > 1,998. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Think Talk Write dengan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada pokok bahasan mengelola kartu persediaan barang dagangan kelas XI AK SMK Swasta Teladan Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAne, La196212311991031023
Call Number: 657.071 Par p
Keywords: Pembelajaran Think Talk Write; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12914

Actions (login required)

View Item View Item