PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BEAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA SWASTA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Silitonga, Wanty (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BEAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA SWASTA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103141149_COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141149_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141149_KATA_PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141149_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141149_DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141149_DAFTAR_TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141149_DAFTAR_GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141149_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141149_BAB_I.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141149_BAB_V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141149_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa SMA Swasta Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen, yaitu merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari “sesuatu” yang dikenakan pada subjek selidik. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Untuk mengetahui hasil belajar ekonomi siswa dilakukan dengan memberikan tes pada kedua kelas sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X smester II (genap) SMA Swasta Parulian 2 Medan tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 3 (tiga) kelas dengan jumlah 120 orang dengan jumlah siswa setiap kelas 40 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan Purposive Sampling dimana pengambilan subjek dilakukan dengan memilih subjek berdasarkan kriteria spesifik yang ditetapkan peneliti. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas X IPS2 sebagai kelas eksperimen dan metode ceramah di kelas X IPS3 sebagai kelas kontrol di SMA Swasta Parulian 2 Medan. Hasil pengujian taraf signifikansi  = 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2 = 78 dengan thitung = 9,76 dan ttabel = 1,667 diperoleh 9,76 > 1,667 sehingga hipotesis diterima karena thitung > dari ttabel. Terjadinya perbedaan hasil belajar dikarenakan penggunakan model pembelajaran yang berbeda terhadap sampel. Jadi terbukti bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning lebih dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Swasta Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 jika dibandingkan dengan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMutmainnah, Sri196901161993032002
Call Number: 651.071 2 Sil p
Keywords: Problem Based Learning; Metode Ceramah; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12881

Actions (login required)

View Item View Item