PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2015/2016

Rahmadani, Nurlia (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.PDF]
Preview
Other
1. COVER.PDF - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.PDF]
Preview
Other
2. APPROVAL SHEET.PDF - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 3. CURRICULLUM VITAE.PDF]
Preview
Other
3. CURRICULLUM VITAE.PDF - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRACT.PDF]
Preview
Other
4. ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 5. PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. PREFACE.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 6. TABLE OF CONTENT.PDF]
Preview
Other
6. TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 7. ILLUSTRATION.PDF]
Preview
Other
7. ILLUSTRATION.PDF - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 8. TABLES.PDF]
Preview
Other
8. TABLES.PDF - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. APPENDICES.PDF]
Preview
Other
9. APPENDICES.PDF - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 10. CHAPTER I.PDF]
Preview
Other
10. CHAPTER I.PDF - Published Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 14. CHAPTER V.PDF]
Preview
Other
14. CHAPTER V.PDF - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 15. BIBLIOGRAPHY.PDF]
Preview
Other
15. BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan
menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi daripada
pembelajaran konvensional pada materi Fluida Statis di kelas XI Semester II di
SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMA Negeri 11 Medan yang terdiri
dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI-IPA 3
(sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI-IPA 5 (sebagai kelas kontrol) yang
masing-masing berjumlah 39 dan 41 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster
Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas
eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan
pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan
tes essai, jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah
30,5 dan kelas kontrol adalah 34,4, setelah pembelajaran selesai diberikan postes
dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 63,8 dan kelas kontrol 47,0. Dari hasil uji
t diperoleh thitung = 9,65 sedangkan ttabel = 1,99. Karena thitung > ttabel (9,65 >1,99)
maka Ho ditolak. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil signifikan bahwa hasil
belajar menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi
dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 070
Keywords: Quasi Eksperimen; Pembelajaran Inquiry Training; Konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Aug 2016 07:04
Last Modified: 15 Aug 2016 07:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12696

Actions (login required)

View Item
View Item