MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS X-AK 1 SMK-BM PAB 3 MEDAN ESTATE

Harahap, Yuni Hartati (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS X-AK 1 SMK-BM PAB 3 MEDAN ESTATE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113311049 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311049 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311049 DAFTRA DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311049 BAB I.pdf - Published Version

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311049 BAB V.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write pada materi Program Linear di kelas X- AK 1 SMK – BM PAB 3 Medan Estate T.A 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X- AK 1 SMK – BM PAB 3 Medan yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Think-Talk-Write pada materi pokok Program Linear di kelas X- AK 1 SMK – BM PAB 3 Medan Estate T.A 2014/2015. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing – masing terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil dari PTK ini merupakan tindakan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah. Jumlah siswa yang telah mampu memecahkan masalah dari tes Awal yaitu 7 dari 35 orang siswa (20 %) dengan rata – rata kelas 48,63. Hasil analisis data pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write menunujukkan jumlah siswa yang telah mampu memecahkan masalah I adalah 25 orang siswa (71,43%) , dengan rata – rata kelas 70,77 .Hasil analisis data pada siklus II dengan model pembelajaran Think-Talk-Write menunujukkan jumlah siswa yang yang telah mampu memecahkan masalah II adalah 30 orang siswa (85,71%). dengan rata – rata kelas 82,08 .Berdasarkan kriteria memecahkan masalah maka pembelajaran ini telah mencapai target kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write, kemampuan pemecahan masalah siswa dapat meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write sebagai alternatif dalam pembelajaran dan selalu membuat latihan dan tes yang bertujuan lebih melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMukhtar, 19590807 198303 1 033
Call Number: SK-2015 MAT 121
Keywords: Belajar;Program Linear;Pembelajaran Kooperatif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12648

Actions (login required)

View Item View Item