PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN TIPE STAD DI KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN

Harahap, Rukiah (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN TIPE STAD DI KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113111069 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111069 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111069 BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111069 BAB V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan tipe Students Team Achievement Division (STAD) di kelas VIII SMP N 35 Medan.Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa SMP N 35 Medan Tahun Ajaran 2014/2015, sebagai sampel diambil dua kelas secara acak yaitu satu sebagai kelas eksperimen I dan satu sebagai kelas eksperimen II. Kelas eksperimen I diberikan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar (posttes) siswa di kelas eksperimen I sebesar 71,23, dan di kelas eksperimen II sebesar 60,17. Hasil perhitungan uji dua arah statistik-t diperoleh nilai thitung = 2,3592 dan ttabel = 1,994, thitung tidak berada dalam interval yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya berdasarkan perhitungan uji satu arah statistik-t diperoleh nilai thitung = 2,3592 dan ttabel = 1,6674, thitung > ttabel yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe STAD dan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada tipe STAD di kelas VIII SMP N 35 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMukhtar, 19590807 198303 1 033
Call Number: SK-2015 MAT 092
Keywords: hasil belajar; tgt; stad
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12640

Actions (login required)

View Item View Item