PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP SANTA MARIA MEDAN T.A 2014/2015

Girsang, Kartika Purba (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP SANTA MARIA MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113111041 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111041 KATA PENGATAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111041 BAB I.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111041 BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Santa Maria Medan, dan (2) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMP Santa Maria Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Santa Maria Medan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development / R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar validasi ahli, tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data dalam pengembangan perangkat pembelajaran digunakan teknik analisis statistik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa disimpulkan pada: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 87,87% dan (b) ketercapaian indikator berada pada kriteria keefektivan; (2) Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD adalah positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Call Number: SK-2015 MAT 096
Keywords: perangkat pembelajaran; model kooperatif tipe STAD; hasil belajar; kubus dan balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12617

Actions (login required)

View Item View Item