ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MEMPELAJARI HIDROLISIS GARAM SESUAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS XI SMA N 5 MEDAN

Sormin, Ammesos (2015) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MEMPELAJARI HIDROLISIS GARAM SESUAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS XI SMA N 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113131002 COVER.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131002 BAB I.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131002 BAB V.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan belajar dan kemampuan kognitif siswa dalam mempelajari materi Hidrolisis Garam berdasarkan aspek kognitif dan kesulitan belajar yang dialami siswa sesuai implementasi kurikulum 2013 kelas XI SMA Negeri 5 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel diambil secara purposive sampling yang meliputi, 32 Siswa SMA Negeri 5 Medan. Instrumen berupa tes diagnostik sebanyak 20 soal yang sudah di uji kelayakannya, lembar angket sebanyak 47 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari aspek indikator yang dibuat, rata-rata siswa mengalami kesulitan pada indikator menghitung pH larutan sebesar 58,20% diikuti indikator mengetahui konsep hidrolisis garam sebesar 38,125 %. Berdasarkan angket faktor kesulitan belajar siswa, Faktor internal yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa adalah faktor bakat, minat dan motivasi, dimana faktor terbesar penyebab kesulitan belajar adalah kurang persiapan dalam mempelajari hidrolisis garam. Rata-rata 71,87% memiliki masalah tersebut. Sedangkan faktor eksternal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar adalah aspek sekolah dan kurikulum yang berlaku. Dimana 25,625% pelaksanaan kurikulum mempengaruhi kesulitan belajar. Kemampuan kognitif siswa pada setiap aspek kognitif (C1-C4) adalah C1 = 57,92% berada pada kategori sedang, C2 = 65,625% berada pada kategori sedang, C3 = 47,5% berada pada kategori rendah dan C4 = 46,875% berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNainggolan, Bajoka19600815 198503 1 006
Call Number: SK-2015 KIM 134
Keywords: Kesulitan belajar; kemampuan kognitif; hidrolisis garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12594

Actions (login required)

View Item View Item