PENGARUH BAHAN AJARAN DAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA DALAM HIDROLISIS

Aceh, Nur Ilman (2015) PENGARUH BAHAN AJARAN DAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA DALAM HIDROLISIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4111131017 COVER.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111131017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111131017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111131017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111131017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111131017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111131017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111131017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111131017 BAB I.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111131017 BAB V.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111131017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran dan pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar yang digunakan memenuhi kriteri BSNP, mengetahui pengaruh model CPBL dengan karakter dan hasil belajar, dan mengetahui pengaruh hasil belajar dengan KKM. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI MAPN 4 Medan. Populasi yakni seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 2 (dua) kelas. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling yakni mengambil 1 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh instrumen yang valid sebanyak 27 soal dan reliabel (0.6821). Sedangkan, data untuk karakter komunikatif, kerjasama dan rasa ingin tahu siswa diperoleh menggunakan data instrumen yang telah valid. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh : Kelayakan Isi = 3,78; Kelayakan Bahasa = 3,83; Kelayakan Penyajian = 3,68; Kelayakan Kegrafikan = 3,76 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi. Implemetasi model pembelajaran kooperatif berbasis masalah yang didukung bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkembangkan karakter dalam hidrolisis, maka didapat pengaruh antara karakter dengan hasil belajar yakni komunikatif = 77,6%, kerjasama = 73,7%, rasa ingin tahu = 66,3%, sisanya dipengaruhi variabel yang lain. Kesimpulandari penelitian ; hasil belajar kimia menggunakan CPBL terintegrasi bahan ajar lebih besar dari harga KKM, pada tingkat kepercayaan 95 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Call Number: SK-2015 KIM 116
Keywords: Komunikatif; Rasa Ingin Tahu; CPBL; Bahan Ajar; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12426

Actions (login required)

View Item View Item