PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG BELAJAR MELALUI MODEL PBL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TPS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 LAGUBOTI T.A 2014/2015

Nababan, Dyna Astuti (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG BELAJAR MELALUI MODEL PBL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TPS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 LAGUBOTI T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4113111023 COVER.pdf]
Preview
Text
4113111023 COVER.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 4113111023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4113111023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 4113111023 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4113111023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 4113111023 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4113111023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 4113111023 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4113111023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 4113111023 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4113111023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 4113111023 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4113111023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 4113111023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4113111023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 4113111023 BAB I.pdf]
Preview
Text
4113111023 BAB I.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 4113111023 BAB V.pdf]
Preview
Text
4113111023 BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 4113111023 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4113111023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar melalului model Problem Based Learning dengan model pembelajaran Think Pair Share, serta (2) Proses jawaban siswa terkait kemampuan pemecahan masalah yang belajar melalui model Problem Based Learning dengan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Laguboti T.A. 2014/2015. Sampel diambil melalui teknik simple random sampling , diperoleh kelas VII-B sebagai kelompok eksperimen A yang diajar dengan model Problem Based Learning dan kelas VII-A sebagai kelompok eksperimen B yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode observasi. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen A dan kelompok eksperimen B, data dianalisis dengan uji normalitas, uji kesamaan dua varians, dan uji hipotesis menggunakan uji-t.Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t dua pihak diperoleh thitung = 2,218985 dan dari ttabel = 2,011 dengan α = 5% dan dk = 49. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel, maka Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar melalui model Problem Based Learning dengan model pembelajaran Think Pair Share. Berdasarkan kategori penilaian proses jawaban, proses jawaban siswa terkait kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar melalui model Problem Based Learning(PBL) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran Think Pair Share(TPS). Berdasarkan hasil penelitian ini, model Problem Based Learning dan model Think Pair Share dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa khususnya pada materi luas bangun datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 MAT 065
Keywords: Model PBL;Model Pembelajaran Koperatif TPS;kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 05:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12401

Actions (login required)

View Item
View Item