PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 5 MEDAN T.A. 2014/2015

Yunita, Vera (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 5 MEDAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103121081 COVER.pdf]
Preview
Text
4103121081 COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 4103121081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103121081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 4103121081 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103121081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 4103121081 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103121081 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4103121081 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103121081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 4103121081 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4103121081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 4103121081 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103121081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 4103121081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103121081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4103121081 BAB I.pdf]
Preview
Text
4103121081 BAB I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 4103121081 BAB V.pdf]
Preview
Text
4103121081 BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4103121081 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103121081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada Materi Pokok Hukum Newton di Kelas X Semester I SMA Negeri 5 Medan T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengambilan populasi dan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil populasi sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X Mia 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X Mia 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Dan instrument yang digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa adalah lembar observasi aktivitas.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 47,75 dengan standar deviasi 12,71 dan nilai rata-rata kelas kontrol 47,37 dengan standar deviasi 12,56. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pretes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji beda dari kedua kelas thitung = 0,14 dan ttabel = 1,99, karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan model konvensional. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 79 dan kelas kontrol 71,25. Pada pengujian variansnya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung = 2,85 dan ttabel = 1,67, karena thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton kelas X semester I SMA Negeri 5 Medan T.A 2014/2015. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa dari tiga kali pertemuan adalah sebesar 89,63% dengan kategori cukup aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 531.607 12 Yun p
Keywords: model pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar; aktivitas siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 29 Aug 2016 04:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12328

Actions (login required)

View Item
View Item