PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI SMA NEGERI 1 SILAHISABUNGAN DAIRI

Napitupulu, Ribka Septiani (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI SMA NEGERI 1 SILAHISABUNGAN DAIRI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4112131013 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112131013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112131013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112131013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112131013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112131013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112131013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112131013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112131013 BAB I.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112131013 BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112131013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112131013 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan LKS terhadap hasil belajar kimia siswa Kelas X SMA Negeri 1 Silahisabungan lebih baik daripada hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional dengan menggunakan LKS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Silahisabungan yang terdiri dari 3 Kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan cara purposif sehingga diperoleh kelas eksperimen dengan Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan LKS dan kelas kontrol dengan Pembelajaran Konvensional dengan menggunakan LKS. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes sebanyak 20 soal yang sebelumnya telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Nilai rata-rata hasil belajar dan gain untuk siswa kelas eksperimen sebesar 79,83 dan 0,705 dan nilai rata-rata hasil belajar dan gain untuk siswa kelas kontrol sebesar 75,17 dan 0,626. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh harga thitung sebesar 2,362 serta nilai ttabel sebesar 1,6723 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 58, sehingga pada uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel. Dan persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 70,50% dan 62,60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw menggunakan LKS lebih baik daripada hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional dengan menggunakan LKS pada pokok bahasan Hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 1 Silahisabungan Dairi T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutabarat, Wesly19510720 197710 1 001
Call Number: SK-2015 KIM 009
Keywords: Gain; Hidrokarbon; Jigsaw; kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12262

Actions (login required)

View Item View Item